Sunday, July 1, 2012

Membedakan Es dari air mentah atau air masak

Kebutuhan manusia akan es seperti sendok dan garpu...huhu. Mulai dari jajanan seperti minuman - minuman di jalanan hingga di restoran, semua membutuhkan es,salah satu contohnya es balok yang dapat digunakan sebagai pendingin maupun penjaga kualitas makanan yang hendak dikonsumsi. Seperti yang kita ketahui, Es, dibuat dengan cara mendinginkan air yang semula berasal dari zat cair menjadi zat padat. Es ini lalu dapat diolah menjadi es batu maupun es kristal sesuai kebutuhan. Es dalam minuman, aman dikonsumsi apabila berasal dari air masak namun ada saja oknum penjual yang kerap kali menjajakan minuman yang memakai es, yang berasal dari air mentah..bagaimana cara membedakannya? berikuttt liputannya...kyaaa!!!!
Es dari air mentah


Es yang berasal dari air mentah, Berwarna putih padat seperti gambar disamping. Warna putih pada es yang berasal dari air mentah disebabkan oleh banyaknya gas yang masih terkandung dalam es tersebut. Es mentah ini tidak baik apabila dikonsumsi ataupun sebagai pelengkap minuman yang disajikan dalam suasana dingin. Salah satu kandungan yang membawa dampak buruk bagi kesehatan, ialah adanya bakter E.coli yang mengindikasikan adanya bakteri yang bersifat penyakit. Pada umumnya es ini disajikan dalam wujud balok, untuk menjaga kualitas ikan hasil tangkapan para nelayan.


Es dari air masak


Berbeda dengan Es dari air mentah. Es yang berasal dari air masak, Terlihat bening dan mengkilap. Ini disebabkan oleh pemasakan air yang melepaskan gas yang sempat terperangkap dalam air. Es jenis ini juga tidak mengandung bakteri E.coli penyebab penyakit, apabila direbus dengan benar. Wujud es ini biasa berupa Es kristal, atau Es pipa.








Sekarang sudah lebih tau kan cara membedakannya..jangan salah pilih ya
semoga bermanfaat:)

No comments:

Post a Comment